Pemberian Nutrisi Pada Tanaman Hidroponik

Pemberian Nutrisi Pada Tanaman Hidroponik -  kali ini saya berbagi artikel pemberian nutrisi pada tanaman hidroponik. Asupan nutrisi atau unsur hara untuk pemupukan tanaman hidroponik harus diformulasikan sesuai kebutuhan tanaman..Biasanya , larutan sederhana yang dapat dibuat berupa kombinasi dari pupuk yang berisi nutrisi penting untuk tanaman. jumlah yang diberikan pun harus di sesuaikan dengan kebutuhan optimal tanaman. Nutrisi berupa pupuk yang diberikan pada tanaman tentunya harus dapat menyediakan unsur-unsur esensial bagi pertumbuhan tanaman.




Penggolongan pupuk sebagai nutrisi bertanam organik umumnya didasarkan pada sumber bahan yang digunakan, cara aplikasi, bentuk, dan kandungan unsur harannya. Namun, jika dilihat dari sumber bahannya, pupuk dibedakan menjadi dua, yaitu: 

  1.  Pupuk Organik
Pupuk organik merupakan jenis pupuk yang terbuat dari bahan organik atau zat yang berasal dari mahluk hidup yang telah mati. bahan organik ini mengalami pembusukan oleh mikroorganisme sihingga sifat fisiknya akan berbeda dari sifat semula. Berdasarkan bentuknya pupuk organik dibagi menjadi 2, yaitu cair dan padat.

  • Pupuk organik cair adalah larutan dari hasil pembusukan bahan-bahan organik yang berasal dari sisa tanaman, kotoran hewan, manusia yang kandungan unsur haranyalebih dari satu unsur. Kelebihan dari pupuk organik ini adalah dapat secara cepat mengatasi defisiensi hara, tidak bermasalah dalam pencucian hara, dan mampu menyediakan hara secara cepat. Saat ini penggunaan pupuk organik cair dalam teknik hidroponik juga semakin luas. Hal ini karna pupuk organik cair dapat dipakai sebagai pengganti larutan hara dengan harga yang lebih murah. Untuk membuat larutan nutrisi organik sama sekali tidak menggunakan bahan kimia.  Formula dasar Nutrisi ini berupa bahan organik, yaitu bahan dari pengguraian sisa tumbuhan atau hewan. semua bahan di fermentasi menjadi bokashi, selanjutnya bokashi di ekstrak. Hasil ekstraksi bokashi inilah yang diencerkan dengan air menjadi larutan nutrisi organik siap pakai.
  • Pupuk organik Padat berasal dari sisa tanaman, kotoran hewan dan manusia yang berbentuk padat, seperti pupuk kandang,pupuk hijau, kompos dan humus.
     2.  Pupuk Anorganik

pupuk anorganik adalah pupuk yang tidak alami. yakni, terbuat dengan proses fisika, kimia atau biologis. Pada umumnya pupuk anorganik di buat oleh pabrik. bahan2 dalam pembuatan pupuk anorganik berbeda2, tergantung kandungan yang dinginkan , Misal nya unsur hara fosfor terbuat dari batu fosfor, unsur hara nitrogen terbuat dari urea. pupuk anorganik sebagian besar bersifat higroskopis. Higroskopis adalah kemampuan menyerap air di udara, sehingga semakin tinggi higroskopis semakin cepat pupuk mencair.


a. Kelebihan Pupuk anorganik
  • Hasil cepat terlihat pada tanaman
  • Kandungan unsur hara jelas
  • Mudah Pengaplikasian
  • Tidak bau
  • Pengangkutan mudah
b. Kekurangan Pupuk Anorganik

  • Mengakibatkan residu pada tanah 
  • Penggunaan tidak bijaksana dapat merusak tanah
  • Harga Mahal
  • Bersifat higroskopis

Sekian tentang artikel Pemberian nutrisi pada tanaman hidroponik..terimakasi ..mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan. salam gemar hidroponik.

Share on :
Pemberian Nutrisi Pada Tanaman Hidroponik
Pemberian Nutrisi Pada Tanaman Hidroponik
Reviewed by
Published :
Rating : 4.5

3 comments:

Rizky said...

thanks infonya :)

Ave'da said...

wah info menarik nih,,thx ilmunya

bertinpunk.blogspot.com

Unknown said...

kereen gann infonyaa..:)

Post a Comment