APA ITU HIDROPONIK ?

Berkenanal Dengan Hidroponik, Saat ini tempat huni manusia semakin hari semakin sempit sehingga menyisakan sedikit ruang untuk bercocok tanam. Namun ini bukan lah suatu halangan untuk tetap melakukan tanam-menanam.,terutama bagi anda yang gemar berkebun. Disini Hidroponik adalah solusi mengatasi suatu persoalan bercocok tanam di lahan yang sempit. sistem ini merupakan sistem budi daya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dan fokus pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tananman. jika dibandingkan dengan pola bercocok tanam hidroponik lebih sedikit. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, sehingga cocok di terapkan didaerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. ada banyak hal lagi yang meyenangkan ketika anda bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

Apa itu Hidroponik ?

Istilah hidroponik (bahasa inggrisnya ; hydroponic) berasal dari kata yunani yaitu hydro yang berarti air dan panas yang berarti daya . Hidroponik juga di kenal sebagai soilless culture atau budi daya tanaman tanpa tanah. secara umum, hidroponik merupakan budi daya menanam tanpa menggunakan tanah, akan tetapi dengan memanfaatkan air dan lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Bagaimanapun memanfaatkan kebutuhan air , budi daya dengan sistem hidroponik cenderung lebih sedikit dalam menggunakan air dibanding budi daya dengan tanah. hal tersebut yang menyebabkan cara tanam dengan hidroponik lebih efesien. Terlebih lagi jika diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air terbatas.

Pada dasarnya, sistem hidroponik mengandalkan media tanam yang mampu menopang akar tanaman sekaligus menahan larutan dari unsur hara agar cukup waktu bagi tanaman untuk menyerapnya. Karena itu, media tanam yang baik harus memenuhi kriteria sebagai media yang tidak mempengaruhi kandungan nutrisi, tidak menyumbat sistem pengairan, serta mempunyai pori2 yang baik.
Media tanam yang di maksud antara lain iyalah ROCKWOOL, PERLITE, KERIKIL, VERMICULITE, SEKAM BAKAR, DLL.SEBAGAINYA.


 Selain media tanam yang mempuni, melakukan tanaman hidroponik juga perlu memperhatikan 4 elemen penting sebagi faktor penentu keberhasilan. Yakni, konsentrasi unsur hara terlarut (EC/electrical conductivity),jumlah oksigen terlarut, tingkat keasaman larutan (PH), Dan cahaya matahari.konsentrasi unsur hara (EC) optimal antara 1,5-2 untuk tanaman berumur lebih dari 1 minggu setelah sebar.Oksigen terlarut dapat dijaga menggunakan air mengalir,pemasangan aerator, atau menganti air secara priodik. Kadar Ph tanah dijaga pada kisaran 5,5-6,5. Apabila Ph menurun, tambahkan air ,sebab pada umumnya keadaan ini berhubungan erat dengan konsentrasi nutrisi dalam air yang megikat.










Share on :
APA ITU HIDROPONIK ?
APA ITU HIDROPONIK ?
Reviewed by
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment